Rabu, 29 Juni 2011

Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam

Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam kembali melakukan pendataan secara menyeluruh terhadap aset daerah guna mendukung peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). “Masih banyaknya aset yang dimiliki pemerintah kota hingga saat ini belum jelas keberadaannya.

Padahal, semua itu merupakan kekayaan dan salah satu pendorong dalam meningkatkan pendapatan daerah (PAD) seperti kebun kopi, bangunan, dana pinjaman bergulir, perusahaan daerah, dan masih banyak yang lainnya,” kata Kepala Dinas Pendapatan Pengolahan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Pagaralam H Haryanto kemarin.

Menurut dia, ada beberapa aset daerah yang pengelolaannya tidak jelas, padahal sangat diharapkan akan menambah pendapatan, seperti lahan kebun kopi,bangunan dan unit usaha lainnya yang ada kerja sama dengan pemerintah. “Kalau kebun kopi jumlahnya mencapai ratusan hektare di lokasi perkantoran, daerah lokasi wisata dan masih cukup banyak daerah lainnya,” ujarnya.

Kemudian, kata dia, termasuk dana bergulir yang dipinjamkan kepada koperasi yang jumlahnya mencapai miliaran juga tidak tahu keberadaannya. Sebab pemberian dana bergulir dan bantuan bagi berbagai usaha masyarakat tersebut dilakukan sejak 2002.

Menurut dia, saat ini Pemkot Pagaralam,sudah membeli lahan kebun kopi sejak 2002 dengan luas lebih dari 100 hektare yang masih belum dijadikan sebagai lokasi pembangunan, jadi hilang saja aset pemerintah yang sudah ada sejak bertahun-tahun tersebut. “Sementara itu tidak satu pun hasilnya disetor ke kas daerah.

Demikian juga dana bergulir yang dipinjamkan kepada puluhan koperasi lebih dari Rp2 miliar tidak jelas pengelolaannya,” jelasnya. Lanjutnya,bukan hanya itu selama ini pemerintah baik daerah dan pusat sudah memberikan bantuan baik dalam bentuk barang dan dana bergulir kepada sekitar 40 lebih koperasi dengan total aset bisa mencapai di atas Rp10 miliar, tapi sekarang tidak tahu keberadaannya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi Firmanudin mengatakan, memang cukup banyak koperasi yang menerima bantuan dana subsidi BBM dan bantuan pemerintah mulai 2002 menunggak bantuan dana bergulir, seperti KUT Dempo Subur, KUD Sinar Surya,KUD Cempaka, KUD Perikanan, KUD Persatuan, KUD Gading Jaya. Demikian catatan online blog Jasa Pengiriman Barang yang berjudul Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
Copyright © 2012 mivelz All rights reserved