Jumat, 20 Mei 2011

Bendera Merah Putih berkibar

Bendera Merah Putih berkibar di ketinggian 3.500 meter di atas permukaan laut (DPL) di Gunung Dempo, Sumatera Selatan. Pengibaran tersebut disertai lagu kebangsaan Indonesia Raya, Jumat (20/5/2011).

Setelah melaksanakan upacara bendera untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), semua peserta lalu menuju puncak Gunung Api guna menyaksikan kawah yang warnanya berubah-ubah. Terkadang berwarna hijau dan putih pekat.

Lapok, (39), salah atu pencinta alam yang sudah 154 kali mendaki puncak gunung dempo mengatakan, mengatan sangat prihatin dengan kondisi kawasan hutan di Gunung Dempo saat ini, karena melihat kawasan Gunung Dempo yang selalu dipenuhi sampah dan coret-coretan yang terdapat di kawasan tersebut.

"Kami cukup mengapresiasi terkait dengan sumbangsih dari Tim Ekspedisi Bukit Barisan ini. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini mampu membangkitkan kesadaran masyarakat terutama mereka yang mengaku pencinta alam, untuk tidak merusak daerah dengan membuang sampah apalagi hingga merusak populasi tumbuhan di sana terutama tumbuhan endemik (pohon panjang umur) yang sangat dilindungi,” ujarnya.

Untuk saat ini menurutnya peran pemerintah dalam menjaga kawasan hutan di Gunung Dempo memang sangat minim, bahkan tidak mampu untuk mengawasi dan menindak bagi pendaki yang mencemari kawasan itu dengan sampah serta melakukan pengerusakan terhadap tumbuhan hutan yang menyelimuti Gunung Dempo. Demikian catatan online mivelz yang berjudul Bendera Merah Putih berkibar.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
Copyright © 2012 mivelz All rights reserved